Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Perintah untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah wajib, dan harus ditaati oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Apabila dilakukan dengan niat dan kesungguhan hati, puasa ramadhan akan memberikan banyak manfaat yang luar biasa. Manfaat puasa ramadhan tidak hanya bisa dirasakan oleh hati dengan semakin bertambahnya keimanan dan kedekatan hubungan batin dengan sang pencipta, tetapi puasa ramadhan juga menyimpan banyak manfaat lain terutama dalam urusan kesehatan tubuh.
manfaat puasa ramadhan untuk kesebhatanj

Saat berpuasa, tubuh melakukan detoksifikasi untuk mengeluarkan zat-zat racun yang banyak terakumulasi dalam tubuh. Apalagi jika kita mampu menjalankan puasa ramadhan selama satu bulan penuh, tentu semakin banyak racun yang bisa dikeluarkan dan membuat tubuh semakin sehat. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan tubuh, baca selengkapnya uraian berikut.

Manfaat puasa untuk kesehatan


  • Meningkatkan fungsi otak dan mengurangi stres
Puasa mampu meningkatkan neurotropik, dan membantu tubuh memproduksi sel-sel otak baru yang akhirnya bisa membuat otak berfungsi lebih baik. Selain itu, puasa dapat menurunkan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, yaitu hormon kortisol yang akan menurunkan tingkat stres seseorang.
  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Saat puasa, tubuh secara otomatis melakukan peningkatan HDL dan terjadi penurunan LDL. Hal tersebut baik untuk menjadikan jantung dan pembuluh darah tetap sehat.
  • Menurunkan kolesterol
Salah satu manfaat puasa yang banyak diketahui adalah dapat menurunkan berat badan. Namun ternyata tidak hanya itu, kadar kolesterol dalam darah juga ditemukan ikut menurun karena puasa. Seperti diketahui, kadar kolesterol yang rendah akan menjadikan tubuh sehat dan terhindar dari penyakit jantung maupun stroke.

  • Pikiran lebih tajam dan kreatif
Ketika sedang melakukan ibadah puasa, pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan melambat. Pikiran yang melambat ternyata mampu meningkatkan konsentrasi dan membuatnya bekerja lebih tajam dan kreatif.

  • Mengurangi kebiasaan buruk
Saat berpuasa adalah saat yang paling tepat untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan pola makan tidak sehat di siang hari.

  • Mengontrol berat badan
Pola makan ketika puasa dapat mempermudah kita untuk menurunkan berat badan. Tidak perlu lagi melakukan diet ketat, dan hanya perlu makan makanan sehat dengan porsi yang cukup selama sahur dan berbuka puasa.

  • Menyehatkan organ ginjal
Ginjal adalah alat penyaring zat berbahaya dari segala yang kita makan dan minum. Ginjal akan berfungsi maksimal jika kekuatan osmosis dalam urin antara 1000-12.000 ml osmosis/kg air. Saat berpuasa, asupan air ke dalam tubuh cenderung berkurang, dan membuat ginjal mampu  mencapai target osmosisnya. Hal tersebut akan memberi dampak yang baik terhadap kesehatan ginjal.

  • Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Manfaat puasa ramadhan terutama adalah untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh, khususnya pada sistem pencernaan dan berlangsung selama satu bulan. Hal itu tentu akan semakin menyehatkan tubuh orang yang sedang berpuasa. Saat tubuh membakar cadangan lemak sebagai energi menggantikan makanan, pada saat itulah racun-racun dalam tubuh juga ikut terbakar.

  • Mencegah diabetes
Diabetes disebabkan oleh kadar gula dan kolesterol yang tinggi. Dengan berpuasa, konsumsi makanan manis dan berlemak menjadi berkurang, sehingga menghindarkan dari penyakit diabetes dan turunannya.

  • Penyerapan nutrisi lebih baik
Ketika metabolisme dalam tubuh berjalan lancar, nutrisi makanan dapat terserap lebih baik oleh tubuh. Itu semua dapat terjadi saat sedang berpuasa.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
Saat puasa, kadar limfosit dalam tubuh akan meningkat hingga 10 kali dari biasanya. Itu akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kekebalan tubuh sehingga menghindarkan dari berbagai serangan virus yang mengganggu kesehatan.

Itulah sebagian manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan tubuh. Sebagai umat muslim kita patut bersyukur telah diberi kesempatan untuk kembali menjalankan puasa ramadhan tahun ini dan merasakan manfaatnya yang besar terutama untuk kesehatan tubuh kita.