Cara Agar Kuat Puasa Meskipun Tidak Sahur

Ketika bulan suci Ramadhan tiba, setiap umat muslim yang akan berpuasa harus membiasakan diri bangun untuk makan sahur pada waktu yang telah ditentukan. Meski makan sahur bukanlah kewajiban, tetapi sahur sangat penting dilakukan sebagai bekal persiapan energi untuk dapat beraktifitas seharian hingga waktunya berbuka puasa tiba.

tips berpuasa dengan tidak sahur
Namun terkadang, entah disengaja ataupun tidak, kita bisa saja melewatkan waktu makan sahur tersebut. Mungkin karena terlalu capek dan akhirnya kesiangan, atau karena sengaja dan tidak berselera untuk menyantap hidangan sahur pada saat itu. Walaupun demikian, puasa tetap menjadi kewajiban yang harus ditunaikan meskipun kita tidak makan sahur. Jangan khawatir, inilah beberapa tips dan cara agar tetap kuat puasa meskipun tidak sahur.

Tips kuat berpuasa saat tidak sahur

  • Kuatkan niat
Niat yang kuat di dalam hati akan membawa dampak positif yang begitu besar. Yakinkan diri kita walaupun tidak makan sahur, kita akan dapat melewati hari berpuasa ini dengan kuat dan lancar. Niat yang kuat juga akan membantu diri kita siap menghadapi dan mengendalikan diri selam berpuasa meski kondisi tubuh kita sedang tidak terlalu fit akibat melewatkan makan sahur.
  • Menyibukkan diri
Hari-hari berpuasa akan terasa lebih lama jika dijalani tanpa kesibukan dan aktifitas yang berarti. Cara agar kuat berpuasa meskipun tidak sahur yang satu ini adalah Anda harus mencari berbagai kesibukan yang bisa dilakukan sembari menunggu waktunya berbuka puasa. Jika Anda tidak bekerja, jangan hanya menghabiskan waktu untuk tidur seharian atau bermalas-malasan karena lemas tidak makan sahur, lakukan aktifitas-aktifitas yang ringan namun bermanfaat seperti melakukan pekerjaan rumah, beres-beres, atau melakukan hobi yang positif. Akan lebih baik lagi jika menggunakan waktu yang ada untuk memperbanyak ibadah dan menolong orang lain. Menghabiskan waktu untuk tidur seharian hanya akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bertenaga.
  •  Tunda kegiatan yang menguras tenaga
Pada hari itu, mungkin  Anda telah mempunyai rencana untuk melakukan kegiatan/aktifitas yang lumayan berat dan bisa menguras tenaga. Misalnya saja pekerjaan seperti merenovasi rumah, atau menata ulang kamar. Jika memang bisa ditunda, aktifitas-aktifitas tersebut bisa dilakukan lain hari karena Anda secara tidak sengaja melewatkan makan sahur. Lakukan kegiatan tersebut saat tubuh dan tenaga Anda sedang benar-benar fit. Namun jika kegiatan itu tidak bisa ditunda, lakukan dengan berhati-hati dan jangan melebihi kemampuan. Tenaga Anda harus dihemat, jangan sampai tidak kuat dan akhirnya berbuka sebelum waktunya.
Saat mengingat manfaat yang bisa didapat d
  • Ingatlah manfaat puasa
ari menjalankan ibadah puasa, maka lelah yang Anda rasakan saat itu bukan berarti apa-apa. Selain mengingat manfaatnya yang besar bagi kesehatan tubuh, ingat juga manfaatnya terhadap bertambahnya keimanan dan ketakwaan Anda kepada Tuhan. Dengan mengingat hal-hal tersebut, niscaya Anda akan lebih ikhlas dan menikmati hari-hari berpuasa tanpa keluh kesah karena melewatkan makan sahur.

Itulah diantaranya tips agar tetap kuat puasa meskipun tidak sahur. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan ibadah puasa yang sedang dijalani menjadi lebih khusyu dan semata hanya karena Allah Taala.