Resep Bubur Kacang Hijau Spesial Untuk Buka Puasa

Buka puasa memang lebih nikmat bila menyantap makanan manis seperti kolak atau bubur kacang hijau. Nah, khusus untuk bubur kacang hijau ini selain merupakan santapan yang nikmat untuk berbuka puasa juga memiliki manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan karena terbuat dari kacang hijau yang merupakan salah satu sumber protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh. Kacang hijau juga kaya kandungan serat dan rendah lemak sehingga sangat baik juga dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam program diet.
cara membuat bubur kacang hijau untuk buka puasa

Bagi yang belum tahu, cara membuat bubur kacang hijau yang nikmat bukanlah hal yang sulit, hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana seperti kacang hijau, santan, gula, dan bahan-bahan tambahan lainnya yang juga mudah didapat. Untuk resep selengkapnya bisa dilihat pada resep bubur kacang hijau spesial untuk buka puasa berikut ini.

Resep bubur kacang hijau spesial


Bahan yang dibutuhkan;

  • 250 gram kacang hijau pilihan
  • 200 ml santan kelapa kental
  • 1 liter air
  • 100 gr gula merah yang disisir
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Gula pasir secukupnya.
Cara membuat bubur kacang hijau;
  1. Sebelum dimasak, sebaiknya kacang hijau direndam dalam air kurang lebih selama 2 jam yang bertujuan untuk melunakkan biji kacang hijau dan agar lebih mudah matang saat dimasak. Namun bisa juga memasak kacang hijau langsung tanpa direndam terlebih dahulu, hanya saja proses memasaknya akan lebih lama.
  2. Buang air rendaman tadi sambil menyortir kacang hijau yang berkualitas buruk misalnya kopong, gepeng, hitam, atau rusak. Kemudian cuci bersih.
  3. Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan kacang hijau dan masak hingga lunak, mengembang dan empuk.
  4. Setelah dirasa cukup matang, masukkan santan secara perlahan, tunggu hingga kembali mendidih.
  5. Setelah itu, masukkan gula merah, daun pandan, vanili dan garam. Cicipi untuk mengetahui rasa manisnya, apabila masih kurang dapat ditambahkan gula pasir secukupnya. Tunggu hingga matang dan mengental.
  6. Bubur kacang hijau nikmat siap diangkat dan disajikan untuk menu buka puasa spesial.
Resep bubur kacang hijau spesial ini bisa dicoba untuk mengisi waktu menunggu buka puasa. Untuk menambah kenikmatan, bisa juga ditambahkan es batu atau es serut untuk penyajian bubur kacang hijau dingin yang segar untuk berbuka puasa. Selamat mencoba.