Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa

Tidak diragukan lagi, kurma menjadi salah satu buah yang paling dicari selama bulan suci Ramadhan. Buah ini menjadi favorit sebagian besar orang sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Alasannya beragam, selain rasa manisnya yang nikmat, buah kurma juga merupakan makanan yang paling dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk mengawali buka puasa.
khasiat manfaat buah kurma untuk kesehatan berbuka puasa
khasiat buah kurma

Namun ternyata, bukan hanya kenikmatan rasa yang bisa didapat dari mengonsumsi kurma saat berbuka puasa, melainkan banyak sekali kenikmatan serta manfaat buah kurma untuk kesehatan. Bagi yang belum mengetahui dengan jelas kandungan nutrisi buah kurma serta manfaat buah kurma sehingga Rasulullah SAW pun sangat menganjurkan untuk mengonsumsinya ketika berbuka, berikut uraian selengkapnya.

Kandungan nutrisi buah kurma


Ada banyak sekali kandungan nutrisi dari buah kurma yang bermanfaat untuk tubuh, terutama nutrisi-nutrisi yang berkaitan dengan pemulihan energi setelah satu hari berpuasa. Karbohidrat yang terkandung dalam kurma memiliki angka glikemik yang rendah, sehingga dapat memulihkan tenaga dengan cepat tanpa membuat tubuh menjadi lemah. Kurma matang memiliki kandungan gula sebanyak 80%. Kandungan gulanya yang kompleks akan diserap secara bertahap oleh tubuh. Kurma juga banyak mengandung air dan serat yang berfungsi melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan nutrisi lainnya seperti protein, sedikit lemak, vitamin (A,C,B2,B12,K), dan berbagai mineral penting seperti kalsium, fosfor, potasium, sulfur, magnesium, sodium, cobalt, seng, tembaga, besi, mangan, beta karoten, dan asam folat. Kurma juga masuk dalam daftar sumber kalium yang sangat baik. Mengonsumsi sebanyak 5 butir buah kurma (sekitar 45gr) mengandung sebanyak 115 kalori yang hampir semuanya didapat dari karbohidrat.

Manfaat kurma untuk kesehatan


Terutama setelah berpuasa seharian penuh, lambung kita akan lebih mudah dan maksimal untuk menyerap makanan kecil yang mengandung gula seperti kurma. Kurma adalah makanan yang paling cocok untuk mengawali buka puasa, sebab 2/3 dari zat gula yang ada di dalam kurma dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat sehingga bisa langsung memulihkan tenaga. Berikut adalah beberapa manfaat lain buah kurma untuk kesehatan;
  • Mengonsumsi kurma secara teratur mengurangi resiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Itu karena kalium yang ada dalam kurma berperan membantu mengendalikan denyut jantung dan juga tekanan darah.
  • Kandungan serat yang tinggi dalam kurma mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus dan melindunginya dari paparan bahan-bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  • Mencegah konstipasi dan melancarkan buang air besar.
  • Mengandung tanin sebagai antioksidan. Seperti diketahui, tanin bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik.
  • Sebagai sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan menjaga kulit te tap sehat. Vitamin A dalam buah ini juga membantu melindungi tubuh dari ancaman kanker paru-paru dan rongga mulut.
  • Mencegah anemia. Karena kurma juga sebagai sumber zat besi yang merupakan salah satu komponen hemoglobin dalam sel darah merah.
  • Mangan berperan sebagai unsur pendukung enzim antioksidan superoksida dismutase.
  • Tembaga berperan dalam pembentukan sel darah merah.
  • Magnesium untuk pertumbuhan tulang.
  • Vitamin K dan B-kompleks (B6, niacin, asam pantotenat, riboflavin) membantu proses metabolisme protein, karbohidrat dan lemak. Vitamin K untuk pembekuan darah dan metabolisme tulang.
Jadi tidak salah, anjuran Rasulullah SAW untuk mengawali buka puasa dengan menyantap 3 butir kurma sangatlah bermanfaat. Lebih dari itu, mungkin masih ada lebih banyak lagi manfaat buah kurma yang belum sempat disebutkan dan akan membawa kebaikan terlebih bila dikonsumsi saat berbuka puasa di bulan penuh berkah ini.