Aneka Resep Minuman Segar untuk Berbuka Puasa

Buka puasa adalah waktu paling dinanti setiap orang yang berpuasa di bulan suci ramadhan. Dan kurang lengkap rasanya jika berbuka tidak disertai dengan minuman dingin menyegarkan dan berasa manis sebagai pembasmi dahaga setelah seharian berpuasa.
cara membuat resep minuman untuk buka puasa

Setiap datangnya bulan suci ramadhan, aneka minuman segar untuk berbuka puasa ramai dicari. Meski banyak pedagang musiman yang menjualnya, namun tidak ada salahnya jika kita berkreasi membuat minuman segar untuk berbuka puasa ini sendiri di rumah. Walaupun sedikit merepotkan, tetapi hasilnya bisa lebih nikmat karena sesuai dengan selera kita. Selain itu, aktifitas ini dapat mengisi waktu luang menjelang buka puasa.
Di bawah ini adalah beberapa contoh aneka resep minuman segar untuk berbuka puasa yang bisa kita coba dan kreasikan menurut selera kita.
  • Es kelapa muda campur blewah dengan biji selasih
Bahan

es batu yang diserut
1 buah kelapa muda, serut dagingnya dan ambil airnya
1 buah blewah ukuran sedang (serut memanjang)
1 sdt biji selasih (rendam & tiriskan)
Sirup rasa cocopandan

Cara membuat; Masukkan serutan kelapa muda, blewah, dan biji selasih ke dalam gelas saji yang telah disediakan. Tuang air kelapa muda dan es serut diatasnya, terakhir siram dengan sirup rasa cocopandan agar lebih nikmat.
  • Sop buah segar
Bahan

¼ bagian buah melon
¼ bagian blewah
1 buah apel
5 butir anggur
4 buah stroberi
1 buah naga
1 buah kelapa muda
Sirup rasa cocopandan
Susu kental manis
Es yang diserut

Cara membuat; Kupas dan cucilah semua buah-buahan tadi menggunakan air es supaya tetap segar, kemudian potong-potong menurut selera. Jika ingin tampilannya lebih menarik bisa menggunakan pengeruk buah. Masukkan potongan buah-buahan tadi ke dalam gelas saji berukuran agak besar, atur dan kombinasikan buah sesuai keinginan. Tuangkan air kelapa muda, masukkan es serut, lalu siram dengan sirup dan susu.
Catatan; isi dan buah-buahan dapat diganti sesuai selera.
  • Es campur
Bahan

100gr buah nanas, potong dadu
4 sdm blewah
6 sdm cincau hitam
Kolang kaling yang telah direbus (belah 2)
100gr tapai singkong
Sirup, susu full cream, air es dan es serut.

Cara membuat; Masukkan semua bahan dalam wadah yang cukup besar, kemudian siram dengan air es, masukkan es serut, lalu tuangkan sirup dan susu full cream. Aduk rata dan es campur siap untuk menyegarkan buka puasa Anda.
  • Es cendol nangka
Bahan

200gr cendol beras siap pakai
750ml santan
200gr gula merah (sisir)
100gr nangka
2 lbr daun pandan
200ml air
½ sdt garam
Es batu secukupnya.

Cara membuat; Rebus santan, daun pandan dan sedikit garam, aduk perlahan hingga mendidih, lalu dinginkan. Setelah dingin, cendol bisa dimasukkan ke dalamnya. Untuk membuat surup gula, rebus air dengan gula merah, buah nangka, daun pandan, dan sedikit garam, masak hingga mengental.

Cara penyajian; Masukkan es batu ke dalam gelas, tuangkan cendol bersama santan ke dalamnya, tambahkan sirup gula sesuai selera rasa manis yang dikehendaki. Es cendol siap dinikmati.
  • Es kolak pisang
Bahan

3 buah pisang raja yang matang, kupas dan potong
125gr ubi jalar (potong dadu)
100gr kolang kaling (rebus, tiriskan)
50 gr tape singkong
1 lbr daun pandan
250 ml santan
250 ml air
Gula pasir dan garam secukupnya
Es batu.

Cara membuat; ubi jalar direbus hingga setengah matang, masukkan kolang kaling, daun pandan, gula dan garam secukupnya, aduk rata. Setelah agak lunak, masukkan pisang raja dan tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk pelan agar santan tidak pecah. Jika sudah mendidih dan hampir matang, masukkan tape singkong, kemudian angkat dan dinginkan. Jika sudah dingin dapat disajikan dengan menambahkan es batu secukupnya dan siap dinikmati.

Dari aneka resep minuman segar untuk berbuka puasa di atas, kita dapat menambah variasi dan mengkreasikannya sendiri menurut selera dan keinginan kita. Selamat mencoba!