Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur

Rasa kantuk yang menyerang usai menyantap hidangan sahur memang sulit terelakkan. Terlebih jika pada malam harinya Anda tidak bisa tidur nyenyak atau Anda tidur terlalu larut sehingga waktu istirahat Anda menjadi kurang. Memang tidur setelah makan sahur itu tidak diharamkan. Tetapi dari segi kesehatan dan ilmu gizi, hal tersebut tidak dianjurkan karena akan memberikan dampak buruk yang amat banyak terhadap kesehatan tubuh.
bahaya makan sahur langsung tidur

Bahaya tidur setelah makan sahur tidak hanya akan dirasakan dalam jangka pendek saja, namun akan berdampak pula terhadap kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Mungkin sebagian dari kita banyak yang belum mengetahui bahaya apa saja yang bisa timbul akibat tidur setelah makan sahur. Inilah beberapa di antaranya;

  • Refluks
Jika setelah makan sahur Anda langsung tidur, maka makanan yang baru saja Anda makan belum sempat dicerna oleh lambung sehingga kemungkinan akan terjadi refluks atau makanan akan berbalik arah kembali ke atas menuju kerongkongan. Ini akibat dari pengaruh gravitasi dan posisi tubuh tubuh saat berbaring.
  • Rasa terbakar (heartburn)
Makanan yang berbalik arah naik ke kerongkongan tentu membawa serta asam lambung ikut naik ke atas dan bisa melukai kerongkongan dan daerah sekitarnya. Akibat luka tersebut, kerongkongan dan daerah sekitar ulu hati menjadi terasa panas seolah-olah seperti rasa terbakar. Tidur setelah makan sahur juga bisa berakibat mimpi buruk dan tidak nyenyak karena waktu tidur yang relatif singkat. Dan ketika bangun, mulut juga akan terasa pahit.
  • Gangguan pencernaan
Saat tidur ( dalam posisi berbaring ), proses pencernaan akan berjalan lebih lambat dan pengosongan lambung yang seharusnya bisa berjalan dalam waktu 2 jam menjadi terhambat. Hal tersebut bisa saja menimbulkan gangguan pencernaan. Sebut saja diare atau mungkin juga sembelit. Tergantung dari makanan yang kita konsumsi saat santap sahur.
  • Meningkatkan resiko stroke
Inilah resiko jangka panjang yang bisa dialami jika memiliki kebiasaan tidur setelah makan sahur. Karena ketidaklancaran sistem pencernaan berpengaruh terhadap kinerja tekanan darah dan juga kadar gula yang mengakibatkan risiko terkena stroke semakin meningkat.
  • Menyebabkan perut buncit
Bahaya yang satu ini bisa menjadi yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang, terutama kaum wanita yang sangat mendambakan perut ramping dan berat badan ideal. Mengapa bisa demikian? Jika setelah makan langsung tidur, maka tubuh tidak mempunyai kesempatan untuk membakar kalori, sehingga akan ditimbun sebagai lemak di dalam tubuh.

Jika rasa kantuk yang menyerang Anda benar-benar tidak tertahankan, solusinya Anda bisa tidur setelah 2 jam dari makan sahur. Atau bisa juga tidur dengan posisi setengah duduk dengan bantal yang ditinggikanuntuk menghindari rerjadinya refluks pada makanan.

Namun setelah mengetahui banyaknya bahaya tidur setelah makan sahur, diharapkan kita lebih berhati-hati dan tidak melakukannya. Lebih baik menggunakan waktu tersebut untuk memperbanyak ibadah kepada Tuhan dan melakukan aktifitas yang berguna.