Olahraga yang Baik Saat Puasa

Puasa bukan waktunya bermalas-malasan dan melupakan aktifitas fisik seperti olahraga. Saat puasa, olahraga tetap diperlukan guna menjaga metabolisme tubuh dan menunjang kesehatan tubuh selama menjalani puasa ramadhan. Asalkan dilakukan dengan cara dan pada waktu yang tepat, olahraga tidak akan mengganggu puasa Anda. Anda juga akan terhindar dari rasa lemas, dehidrasi, bahkan pingsan akibat olahraga yang dilakukan saat puasa.
cara menjalani olahraga saat puasa agar tubuh tetap bugar

Untuk melakukan olahraga yang baik saat puasa, perlu ditunjang dengan persiapan mulai dari menu sahur yang tepat. Pilihlah makanan kaya serat dan tinggi protein, sebagai persiapan energi untuk berolahraga dan berpuasa selama satu hari. Olahraga bisa dilakukan kapan saja, tetapi lebih disarankan dilakukan pada sore hari 1-2 jam menjelang berbuka puasa, ini untuk menjaga agar tubuh tidak terlalu lama kehilangan energi dan segera mendapat asupan energi pengganti dari makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Di bawah ini adalah beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan saat puasa.
  • Jogging ringan
Jogging ringan bisa Anda lakukan setiap sore selama 20-30 menit, sambil menunggu waktunya berbuka puasa bisa membakar sekitar 240 kalori dalam tubuh, mantap bukan? Namun jangan paksakan diri Anda untuk melakukannya melebihi kemampuan atau seperti saat tidak puasa, karena Anda bisa saja terkena dehidrasi akibat hal ini. Durasi olahraga saat puasa memang harus dikurangi porsinya, bahkan hingga 50% dari durasi biasanya ketika tidak puasa.
  • Sepeda santai
Bersepeda santai saat puasa dapat dilakukan pada pagi maupun sore hari. Lakukan kegiatan ini selama 20-30 menit bersama teman atau keluarga agar lebih menyenangkan. Selain bisa menjadi hiburan, olahraga ini mampu membakar sekitar 300-350 kalori tubuh. Namun sekali lagi, sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan tubuh Anda untuk melakukan hal ini.
  • Badminton dan tenis
Olahraga jenis permainan dan pertandingan seperti ini juga cocok dilakukan saat puasa, akan lebih seru lagi jika dilakukan bersama teman atau keluarga sambil menantikan waktunya berbuka. Setelah itu dilanjutkan acara buka bersama, tentu sangat menyenangkan. Dalam permainan ini, tetap perhatikan durasi dan kemampuan masing-masing. Jangan sampai karena terlalu bersemangat akhirnya kelelahan dan membatalkan puasanya.
  • Yoga
Yoga bermanfaat untuk mempercepat proses detoksifikasi tubuh. Saat puasa, yoga membantu pikiran tetap sehat, bugar, dan tenang. Pilihlah gerakan-gerakan yoga yang lembut, dan berlatih yoga yang fokus terhadap teknik pernafasan dapat membantu meningkatkan suplai oksigen ke dalam tubuh, dan menyeimbangkan produksi hormon.
  • Naik turun tangga
Aktifitas ini bisa jadi adalah aktifitas rutin sehari-hari, dan bisa dijadikan alternatif olahraga yang baik saat puasa. Berjalan naik turun tangga selama 10 menit bisa membakar 95 kalori, sedangkan jika melakukannya dengan berlari, maka jumlah kalori yang terbakar meningkat hingga 178 kalori. Namun perlu diwaspadai, naik turun tangga secara cepat cukup berbahaya karena bisa saja kita terjatuh jika kurang hati-hati saat melakukannya. Yang paling penting, olahraga yang dilakukan saat puasa tidak boleh melebihi batas kemampuan agar kebugaran dan kesehatan tubuh tetap terjaga.