Cara Berpuasa Bagi Penderita Maag

Menjalankan ibadah puasa bagi sebagian umat muslim dengan kondisi fisik yang sehat bukanlah sebuah masalah, dan bisa dilalui dengan lancar tanpa hambatan. Namun, bagaimana dengan cara berpuasa bagi penderita maag, apakah boleh berpuasa atau diberi kemudahan untuk tidak melaksanakannya? Dalam agama diperintahkan kepada umatnya untuk menjalankan ibadah sesuai kemampuan. Sakit maag saat puasa memang cukup mengganggu, tetapi puasa ramadhan adalah perintah wajib, jika memang masih mampu jangan menjadikan sakit maag sebagai alasan untuk tidak menjalankan kewajiban puasa di bulan ramadhan ini.

Sakit maag itu sendiri bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu maag fungsional dan maag organik (dispepsia organik). Pada sakit maag fungsional, dapat terjadi akibat stress, pola makan yang buruk, tidak teratur, suka makan-makanan berlemak, pecandu kopi, minuman bersoda, dan merokok. Karena penyebabnya bukan berasal dari kerusakan dalam lambung, puasa untuk penderita maag fungsional ternyata lebih disarankan, bahkan sebagai obat sakit maag yang bisa menyembuhkan karena kondisi lambung akan semakin membaik seiring dengan pola makan yang teratur dan berkurangnya konsumsi makanan-makanan pemicu sakit maag ketika menjalankan puasa. Berbeda dengan jenis maag lainnya yaitu maag organik yang penyebabnya bersumber dari dalam akibat kerusakan pada saluran pencernaan, yang membuatnya tidak dapat bekerja normal dan menimbulkan maag. Misalnya tukak lambung dan tukak usus dua belas jari, polip, atau luka lecet di dalam kerongkongan, usus dua belas jari, atau lambung. Gejalanya bisa berupa penurunan berat badan, muntah darah, serta anemia. Penderita maag jenis ini tidak diperbolehkan untuk puasa jika belum benar-benar dinyatakan sembuh, karena dikhawatirkan kondisinya akan semakin parah jika berpuasa.

Tips berpuasa bagi penderita maag

  • Selalu makan sahur
Makan sahur adalah kewajiban bagi orang yang sakit maag. Hal ini berguna agar kondisi lambung tidak kosong sehingga tingkat keasamannya dapat dipertahankan dalam batas normal.
  • Segerakan waktu berbuka
Saat tiba waktunya berbuka puasa, segera batalkan puasa dengan minuman manis yang hangat. Dilanjutkan dengan memakan makanan ringan yang manis, agar mudah diserap tubuh tanpa membuat asam lambung naik. Misalnya saja kurma.
  • Makan dalam porsi secukupnya
Biarkan lambung bekerja dengan rileks. Makan berlebihan akan membuat dinding lambung meregang dan berkontraksi berlebihan.
  • Hindari tidur setelah makan
Sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas akan meningkat jika setelah makan Anda langsung tidur. Hal tersebut membuat pencernaan berlangsung lebih lambat dan membuat rasa lapar kembali menyerang ketika bangun.
  • Jauhi stres
Stres dapat memicu peningkatan asam lambung yang akan memperparah kerusakan pada dinding lambung.
  • Obat sakit maag
Pilih obat sakit maag yang tidak mengganggu fungsi ginjal. Minumlah secara teratur setiap kali berbuka, sebelum tidur, dan saat makan sahur untuk menjaga kesehatan lambung.
Makanan yang harus dihindari saat puasa bagi penderita maag
  • Makanan yang mengandung gas dan berlemak (sawi, kol, buah nangka, pisang ambon, kedondong, buah kering, dan minuman bersoda).
  • Makanan yang dapat merangsang keluarnya asam lambung (kopi, anggur putih, minuman beralkohol, citrus, dan susu full cream).
  • Makanan yang susah dicerna ( kue tart, keju ) yang membuat pengosongan lambung berlangsung lebih lama.
  • Makanan yang dapat merusak dinding lambung secara langsung (makanan pedas, mengandung cuka, merica, dan bumbu yang merangsang).
  • Makanan yang bisa melemahkan klep kerongkongan bawah (cokelat, alkohol, makanan berlemak dan gorengan).
  • Dan beberapa sumber karbohidrat (beras ketan, mie, jagung, bihun, ubi singkong, talas, dan dodol).
Setelah membaca artikel di atas yang berjudul cara berpuasa bagi penderita maag, semoga ibadah puasa kita semakin lancar tanpa terganggu oleh sakit maag yang kambuh.